Saturday, December 26, 2009

SMART Unlimited Internet Sekarang Hanya Untuk 15 Hari Saja

Hari ini saya mendapat SMS sebagai berikut:Paket Internet.JPG

"Gratis Paket Akses Data anda akan berakhir hari ini. Silakan isi ulang min. 50 rb untuk menikmati Gratis Unlimited Internet 15 hari. Info www.smart-telecom.co.id . From Customer Care 881."

Lho..? Koq cuma 15 hari, biasanya khan 20 hari?

Saya memakai Kartu Prabayar Smart setelah berganti-ganti provider sekitar lima kali. Saya pernah berlangganan (pasca bayar) pada salah satu dari provider-provider itu. Namun, karena prosedur untuk ganti alamatnya berbelit dan perubahan tarifnya bikin kaget, provider itu saya tinggalkan untuk tidak akan saya pakai lagi (kapok). Nama provider itu tidak bisa saya sebutkan di sini, saya khawatir kena UU ITE pasal 23 :(.

Saya bertahan agak lama di Smart dan Star One, karena di tempat saya, kecepatannya cukup stabil. Hal lain yang membuat saya betah pakai Smart adalah setiap isi ulang Rp.50 ribu, kita dapat Paket Gratis Unlimited Internet selama 20 hari (sebelumnya malah 30 hari). Satu hal yang saya kurang suka dari Smart adalah SMTP nya sering tidak bisa dipakai untuk kirim email. Saya sudah coba pakai smtp.smart-telecom.co.id, smtp.smart.co.id, dan juga smtp.nge-jump.com di MS Outlook dan Thunderbird, tetapi sering kali gagal kirim email.

Mungkin Smart merasa posisinya dalam kompetisi di pasar provider internet sudah makin bagus, sehingga sekarang setiap isi ulang Rp.50 ribu, kita hanya diberi Paket Gratis Unlimited Internet selama 15 hari, tidak lagi 20 hari. Bukan tidak mungkin bulan depan turun lagi jadi 10 hari, terus jadi 5 hari...terus turun lagi jadi.... How low can you go?

Tetapi saya coba lihat sisi positifnya, andaikan Smart tetap memberikan Paket Gratis Unlimited Internet 30 hari, bukan tidak mungkin kecepatannya turun drastis, karena makin banyak yang "memakan" bandwidth. Selain itu saya optimis, provider yang lain pasti akan selalu bikin promo. Itulah sebabnya saya tidak pernah mau pakai "paket bundling" yang biasanya di "lock" untuk provider tertentu. Saya selalu ingin bisa berpaling ke lain provider.

Saya dengar Smart dan Mobil8 (Fren) akan bergabung. Mungkin bagus buat pihak Smart dan juga pihak Mobil8 (Fren), tetapi saya berharap tidak ditiru oleh yang lain. Kalau semua provider-provider bergabung (merger), konsumen jadi nggak punya alternatif memilih provider yang paling pas dengan keperluannya.

2 comments:

  1. Bos, bisa kok kirim email. udah sy coba.

    Syaratnya:
    - outgoing server pake : smtp.smart.co.id
    - jangan centang my server requires authentication

    ReplyDelete
  2. @Anonymous:
    Sudah saya coba pake : smtp.smart.co.id & tanpa centang "my server requires authentication". Masih tetap nggak bisa kirim email.
    Apa tergantung sama Email Client? Saya pakai Thunderbird 3. Mas pakai apa?

    ReplyDelete

You can use HTML tags.